//
you're reading...
GetaRasa

Metode Pembelajaran

img_20180513_111653-1647464017.jpgProses belajar yang menempatkan relasi guru dan murid kepada relasi yang timpang dalam paradigma pendidikan juga membuat proses belajar menjadi kegiatan yang serius dan membosankan bagi peserta didik. Dengan motivasi belajar yang rendah dan metodologi pembelajaran yang minim imajinasi (fiksi) dan humor maka proses pendidikan berubah menjadi penindasan.

Atas dasar itu, di dunia pendidikan mengenalkan beberapa metode pembelajaran yang lebih komunikatif dan menyenangkan. Sehingga pertanyaan, “Untuk Apa Kita Disini?” dan di jawab dengan “Bersenang-senang” merupakan cipta kondisi secara psikologis dan mental untuk siap mengikuti proses pembelajaran. Menjaga ritme proses pembelajaran untuk selalu pada kondisi menyenangkan dilakukan melalui game atau permainan. Lalu sejauh mana hal tersebut bisa berdaya guna, pada akhirnya kembali ke sikap mental dan keahlian terutama dari pendidik yang dituntut sebagai seorang fasilitator. Perbedaan generasi antara pendidik dan peserta didik dapat berdampak perbedaan cara pandang akan kebutuhan masa depannya dan nilai-nilai yang dijadikan pegangan. Sehingga yang dibayangkan oleh Huntington tentang terjadinya benturan peradaban (Barat – Tmur), perbedaan generasi ini menyulut terjadinya benturan generasi dalam beberapa aspek kehidupan terutama dalam hubungannya dengan penguasaan teknologi.

Sesuai dengan teori generasi dikutip dari beberapa sumber, setidaknya ada 5 generasi yang lahir setelah perang dunia kedua dan berhubungan dengan masa kini yakni :  Baby Boomers, Generasi X, Generasi Y,  Generasi Z, Generasi Alpha. Istilah-istilah tersebut menggambarkan pengelompokan manusia berdasarkan generasi atau tahun kelahiran. Masing-masing generasi memiliki karakteristik tersendiri, yang dipengaruhi oleh konteks lingkungan yang dihadapi di masa hidupnya.

BABY BOOMERS (lahir tahun 1946 – 1964)

wp-1528731077290-298072965.jpg

Suorce : Internet

Baby Boomers adalah mereka yang lahir setelah masa Perang Dunia II. Pada rentang waktu tersebut, banyak bangsa-bangsa di barat mengalami pertumbuhan kelahiran secara pesat setelah mulai pulih dari kesulitan-kesulitan masa perang. Seiring pertumbuhan ekonomi, perkembangan pendidikan, dan bantuan pemerintah, generasi baby boomers juga turut menikmati kemakmuran di masa hidup mereka. Saat ini, sebagian besar generasi baby boomers telah menikmati masa pensiun mereka yang cukup terjamin.

GENERASI X (lahir tahun 1965 – 1980)

wp-1528731077059-1070385213.jpg

Source : Internet

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, mereka yang tergolong Generasi X cenderung lebih toleran terhadap perbedaan termasuk dalam hal agama, kelas, ras, etnis, dan orientasi seksual. Saat ini, kebanyakan para Generasi X tengah berada di puncak karir di usia 30-an akhir hingga 50. Di Indonesia, generasi ini dibesarkan dalam situasi serta event politis yang cukup panas dan bergejolak di era pemerintahan Orde Baru. Secara internasional, Generasi X juga menyaksikan cukup banyak konflik atau kejadian politik global seperti Perang Vietnam, jatuhnya Tembok Berlin, serta berakhirnya Perang Dingin.

GENERASI Y (lahir tahun 1981 – 1994)

wp-1528731076864233734755.jpg

Source : Internet

Mereka yang disebut bagian dari Generasi Y atau Millenial  adalah merek yang tumbuh besar seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat, para Generasi Y biasanya sangat fasih menggunakan internet serta perangkat-perangkat canggih, tidak seperti generasi-generasi sebelumnya. Generasi ini terbiasa terkoneksi selama 24 jam sehari setiap hari, melalui gadget mereka yang beraneka macam, termasuk smartphone, tablet, atau laptop. Kebanyakan generasi Y adalah anak-anak dari mereka yang termasuk dalam generasi baby boomers. Karena melihat orang tua mereka yang bekerja keras siang-malam, banyak dari Generasi Y yang selektif dalam memilih pekerjaan, inovatif dalam urusan dunia kerja atau bisnis dan kerap mengusahakan keseimbangan dalam bekerja.

GENERASI Z (lahir tahun 1995 – 2010).

wp-1528731076561-1032484303.jpg

Source : Internet

 Saat ini, mereka masih berusia remaja atau anak-anak. Karena itu, masih belum banyak yang bisa disimpulkan mengenai karakteristik khusus generasi ini. Satu hal yang pasti, generasi ini tumbuh dengan berbagai kemudahan teknologi dan ketersediaan akses ke dunia luar yang tak terbatas. Kemungkinan besar, generasi ini akan menghasilkan orang-orang yang menjadikan teknologi sebagai bagian yang signifikan dalam gaya hidup mereka.

GENERASI ALPHA (lahir tahun 2011 – 2025).

wp-15287310761511333362349.jpg

Source : Internet

Seperti halnya Generasi Z yang lahir sebelumnya, mereka yang lahir setelah tahun 2010 sudah familiar dengan teknologi sejak usia yang sangat belia. Banyak dari mereka yang sudah menggenggam smartphone sebelum lancar berjalan atau berbicara. Karena itu, banyak yang beranggapan bahwa generasi ini merupakan generasi yang paling transformatif, terutama dalam hal penggunaan dan pengembangan teknologi.#

Merujuk pengelompokan generasi yang disebutkan di atas, tentunya metodelogi pembelajaran harusnya disesuaikan. Misalnya dengan kelompok sasaran generasi Y atau generasi milineal yang sangat dekat dengan teknologi digital dan sebagian besar hidupnya terkoneksi dengan internet, tentunya pemanfaatan teknologi bisa menjadi pilihan utama di banding pertemuan tatap muka. Saat ini banyak pelatihan menulis, bahasa Inggris dan jenis pelatihan lainnya yang dikreasi secara online dan diikuti banyak sekali peserta dari kalangan generasi Y. Perubahan adalah keniscayaan. ##

About saruhumrambe

Berlatar belakang pendidikan Antropologi. Aktif diorganisasi sebagai sekretaris Asosisasi Antropologi Indonesia (AAI) Sumut. Bekerja secara mandiri sebagai konsultan komunikasi dan sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: