//
you're reading...
Uncategorized

Wajah Manusia Indonesia 

​Wajah Manusia Indonesia : 
1. Hipokrit atau Munafik. “ Berpura-pura, lain di muka, lain di belakang, merupakan sebuah ciri utama manusia Indonesia sudah sejak lama,” 
2. Segan dan Enggan bertanggung jawab atas perbuatannya, keputusannya, kelakuannya, pikirannya, dan sebagainya. “ Sebaliknya, jika ada sesuatu yang sukses, yang berhasil gilang-gemilang, maka manusia Indonesia tidak sungkan-sungkan untuk tampil ke depan menerima bintang, tepuk tangan, surat pujian, piagam penghargaan, dan sebagainya,” 
3. Berjiwa feodal. 
4. Manusia Indonesia masih percaya tahayul. “ Sampai sekarang manusia Indonesia yang modern pun yang telah bersekolah, telah berpendidikan modern, masih terus juga membuat jimat, mantera, dan lambang,” 
5. Manusia Indonesia itu artistik. 
6. Manusia Indonesia memiliki karakter yang lemah. “ Manusia Indonesia kurang kuat mempertahankan dan memperjuangkan keyakinannya. Dia mudah, apalagi jika dipaksa, dan demi “survive” bersedia mengubah keyakinannya. Makanya kita dapat melihat gejala pelacuran intelektuil amat mudah terjadi dengan manusia Indonesia,”
Mochtar Lubis.Taman Ismail Marzuki, Jakarta, 6 April 1977.

About saruhumrambe

Berlatar belakang pendidikan Antropologi. Aktif diorganisasi sebagai sekretaris Asosisasi Antropologi Indonesia (AAI) Sumut. Bekerja secara mandiri sebagai konsultan komunikasi dan sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: