//
you're reading...
Uncategorized

Arif dan Semua Arif

Empat ekor kodok berjongkok di atas balok yang mengambang di tepi kali. Tiba-tiba balok itu terseret arus dan mengalir terus. Kodok-kodok itu merasa senang dan asyik karena mereka belum pernah berlayar.
Suatu saat kodok pertama membuka percakapan, ujarnya,”Balok ini sungguh mengagumkan. Ia bergerak seakan-akan hidup. Tak ada balok seperti ini.”
Kodok kedua berkata, “Tidak kawan, balok ini seperti balok-balok lain, tidak bergerak. Yang bergerak kali, yang mengalir menuju laut, membawa kita bersama balok ini.”
Kodok ketiga menyambung, “Bukan kodok dan bukan kali yang bergerak. Yang bergerak pikiran kita : Tanpa pikiran, tidak ada yang dapat bergerak.”
Ketiga kodok itu mulai bercekcok. Pertikaian pendapat itu semakin panas dan keras. Kesepakatan tidak tercapai juga.
Kemudian mereka memandang pada kodok keempat, yang hingga saat itu hanya mendengarkan dan memperhatikan saja, serta menahan diri. Akhirnya pendapatnya diminta.
Kata Kodok keempat, “Kalian masing-masing benar, tidak ada yang salah. Yang bergerak adalah balok ini, dan air juga dan pikiran kita.”
Ketiga kodok naik pitam, karena tak satupun di antara mereka yang mengakui bahwa pendapatnya tidak benar sepenuhnya, dan pendapat yang lain tidak salah seluruhnya.
Maka terjadilah peristiwa yang aneh. Ketiga kodok itu serempak mendorong kodok keempat sehingga terjatuh dari balok dan tercebur ke dalam kali. (Kahlil Gibran)

About saruhumrambe

Berlatar belakang pendidikan Antropologi. Aktif diorganisasi sebagai sekretaris Asosisasi Antropologi Indonesia (AAI) Sumut. Bekerja secara mandiri sebagai konsultan komunikasi dan sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: