//
you're reading...
SOSOK

Suparno, Karyawan Berprestasi Segudang Pengalaman

SuparnoTidak semua orang beruntung mendapatkan pekerjaan sesuai dengan cita-citanya sejak kecil. Namun mencintai pekerjaan barunya dengan bekerja sungguh-sungguh, disiplin dan bertanggung-jawab, seseorang juga bisa sukses walaupun berbeda dengan pekerjaan idamannya. Pelajaran itulah yang bisa dipetik dari pengalaman hidup Suparno (43), supervisor gudang kering PT Aquafarm Nusantara Unit Pengolahan Semarang.
Sejak kecil bercita-cita menjadi polisi. Setamat sekolah lanjutan tingkat atas (STM) pria yang kampung halamannya di Sidoarjo, Jawa Timur ini mencoba mewujudkan cita-citanya dengan mendaftar menjadi anggota kepolisian di Tarakan, Kalimantan Timur. Kesempatan pertama belum membuahkan hasil. Ia pun mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk tahun berikutnya. Namun keberuntungan memang belum berpihak padanya. “Saya mencoba sampai beberapa kali, tetapi selalu kalah di dalam penilaian akhir (pantohir)”, terangnya. Berulang-ulang gagal dalam seleksi masuk kepolisian, tidaklah membuatnya putus asa tetapi merasa ini sebagai pertanda bahwa di kepolisian bukanlah tempat mengabdi yang tepat untuknya.
Selanjutnya Ia mencoba peruntungan untuk mengikuti seleksi penerimaan di TNI Angkatan Laut. Ketika akhirnya gagal juga, Ia pun menyadari bahwa bahwa pengabdian dan rezekinya memang bukan menjadi aparat Polri atau TNI. Akhirnya Suparno ikut kakaknya yang pindah kerja dari Bandara Tarakan ke Bandara Ahmad Yani, Semarang. Di kota ini pula Suparno melamar pekerjaan di sebuah perusahaan pengolahan udang dengan pasar ekspor. Di perusahaan tersebut, beliau langsung diterima dan ditempatkan di bagian pengemasan produk (packing).
Namun kembali ujian menempanya. Perusahaan tempatnya bekerja ini ternyata tutup. Akhirnya pada awal tahun 1997 Suparno bergabung dengan PT Aquafarm Nusantara di Unit Pengolahan Semarang. Ia ditempatkan di bagian packing sesuai dengan keahliannya di perusahaan sebelumnya. Sebelum bergabung, Suparno sudah mengenal PT Aquafarm Nusantara beberapa tahun sebelumnya, karena perusahaan tempatnya bekerja sebelumnya telah mengolah ikan nila milik PT Aquafarm Nusantara juga. Ketika akhirnya PT Aquafarm Nusantara mengolah sendiri bahan bakunya dan membutuhkan karyawan yang sudah siap pakai, Suparno menjjadi salah seorang yang direkrut. Dan pada akhir tahun 1998, Suparno terpilih sebagai salah satu rombongan tim pelatih yang diberangkatkan ke Sumatera dengan transportasi darat (bus ALS) dalam rangka pengembangan pabrik pengolahan di Serdang Bedagai (eks. Deli Serdang). Tiga bulan bertugas membawahi 9 karyawan di bagian packing, mendapatkan tawaran untuk menjadi staf di unit pengolahan Sumatera (Serdang Bedagai). Tetapi karena alasan keluarga, iapun memilih kembali ke Semarang. Setahun kemudian, Suparno dipromosikan sebagai kepala regu (karu) di bagian packing, lalu dipromosikan lagi menjadi supervisor pengawasan mutu produksi (QC) di bagian trimming. Dua tahun di bagian ini, ia dirotasi kembali sebagai supervisor bagian packing. Dan, pada 18 April 2013 lalu diangkat menjadi supervisor di bagian gudang kering. Bagian ini bertanggung jawab memenuhi seluruh permintaan barang untuk kebutuhan proses produksi seperti plastik, karton untuk pengemasan produk, sarung tangan, dan lain-lain.
Pengalamannya yang panjang, dedikasi dan kinerja yang baik, dalam kegiatan family gathering di tahun 2013, Suparno terpilih menjadi karyawan berprestasi.

About saruhumrambe

Berlatar belakang pendidikan Antropologi. Aktif diorganisasi sebagai sekretaris Asosisasi Antropologi Indonesia (AAI) Sumut. Bekerja secara mandiri sebagai konsultan komunikasi dan sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: