//
you're reading...
Uncategorized

Mewujudkan Visi Perusahaan untuk Masyarakat Sekitar. Penilaian Kebutuhan sebagai Langkah Awal

“Memproduksi Ikan Nila Kelas Premium Sembari Membangun Komunitas”  (”Producing Premium Tilapia While Building Communities”) . Demikian visi PT Aquafarm Nusantara sekaligus fondasi etika dalam menjalankan bisnisnya dengan menyeimbangkan pencapaian produksi  ikan nila kualitas terbaik, dan upaya  meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, termasuk di dalamnya karyawan.  Memproduksi ikan nila kelas premium dicapai melalui budidaya perikanan  yang berkelanjutan dengan praktek Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB). Sementara cita-cita membangun komunitas dengan membuka lapangan kerja dengan memprioritas masyarakat sekitar perusahaan, upah yang layak dan pemenuhan hak-hak normatif karyawan lainnya melampaui yang dipersyaratkan oleh undang-undang serta melaksanakan pertanggungjawaban sosial perusahan (CSR) melalui berbagai jenis program seperti  peni ngkatan kesejahteraan karyawan, Bina Lingkungan, peningkatan pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat.

Program CSR selama ini telah berlangsung dan dirasakan manfaatnya oleh karyawan dan masyarakat sekitar. Komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan kuantitas dan kualitas Program CSR, saat ini sedang disusun dokumen Rencana Strategis CSR PT Aquafarm Nusantara 2014 – 2019.  Dokumen ini nantinya menjadi panduan perencanaan dan pelaksanaan CSR tahunan dalam rangka mewujudkan visi perusahaan untuk masyarakat sekitar dalam kerangka tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Sejak pertengahan April  s/d Mei 2014 telah dibentuk tim untuk melakuka pemetaan sosial dan penilaian kebutuhan di internal dan eksternal perusahaan yang memberikan informasi yang komprehensif terkait dengan kondisi sosial dan potensi serta aspirasi dan kebutuhan. Sehingga dapat dipastikan perencanaan CSR yang disusun dan dimplementasikan bisa tepat sasaran dan  visi perusahaan dapat diwujudkan dalam kerangka waktu yang ditentukan.

Penilaian kebutuhan diawali dari PT Aquafarm Nusantara area Serdang Bedagai (Sergai), dilanjutkan ke unit Toba dan PT AN Jawa.  Di sini tim mengumpulkan informasi terkait dengan  potensi sosial dan sumberdaya alam, aspirasi dan kebutuhan dengan melakukan wawancara terhadap manajemen, pekerja/buruh, pemerintah desa dan warga. Di samping itu, tim juga melakukan pengamatan terkait dengan kondisi  lingkungan sosial dan potensi sumberdaya alam desa. Di area Sergai, tim melakukan pemetaan sosial dan identifikasi kebutuhan secara kewilayahan mencakup Desa Nagakisar, Desa Sei Nagalawan, Desa Lubuk Bayas dan Desa Sei Buluh. Seminggu di Sergai penilaian kebutuhan dilanjutkan ke unit Toba yang wilayah operasional perusahaan berada di tiga kabupaten yakni Kabupaten Simalungun, Samosir dan Toba Samosir dengan waktu yang sama. Fokus penilaian kebutuhan dilakukan di desa-desa yang secara administratif project pembesaran dan landing site berada.  Di PT AN Jawa melakukan penilaian kebutuhan di desa-desa sekitar operasional perusahaan, mulai dari Klaten hingga Semarang. #

About saruhumrambe

Berlatar belakang pendidikan Antropologi. Aktif diorganisasi sebagai sekretaris Asosisasi Antropologi Indonesia (AAI) Sumut. Bekerja secara mandiri sebagai konsultan komunikasi dan sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: