//
you're reading...
Uncategorized

Aneka Makanan Olahan dari Ikan Nila Untungnya Segurih Rasanya

IMG_0156Berkunjung ke objek wisata Waduk Gajah Mungkur di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah akan menemukan pusat jajanan dan rumah makan yang menjual berbagai jenis produk kerajinan makanan dari bahan baku ikan air tawar yang berasal dari waduk.

Dan salah satu yang paling diminati adalah kerupuk kulit ikan dan abon ikan nila. Bahan baku kedua produk tersebut ternyata berasal dari hasil produksi PT Aquafarm Nusantara (Aquafarm). Abon ikan diolah dari ikan nila segar yang dibeli warga sekitar melalui paguyuban. Sedang kerupuk kulit sumbernya dari unit pengolahan Aquafarm di Kota Semarang.

Kelompok usaha kerajinan membelinya dengan menitip ke truk mitra Aquafarm yang mengangkut bahan baku ke pabrik di Semarang. Pulangnya membawa bahan baku kerupuk berupa kulit ikan yang siap diolah menjadi kerupuk, lalu dikemas dan dipasarkan oleh pengrajin makanan.

Lain daerah lain pula jenis kerajinannya. Sama-sama berbaban baku ikan nila, di Desa Sumberejo, Kecamatan Wadaslintang, usaha yang digeluti oleh ibu-ibu rumah tangga  adalah pepes ikan nila. Pepes ikan nila ini dikemas secara sederhana dengan menggunakan daun pisang. Ada juga yang lapisan luarnya dibungkus dengan kertas yang mencantumkan nama, nomor kontak dan alamat pemilik usaha.

Untuk meningkatkan daya tahan produk pepes, ke depan atas saran perusahaan dan dukungan dari pemkab setempat, kemasannya akan diperbaiki dengan sistem vacum. Sehingga selain tampilan lebih baik, daya tahan dan higienitasnya lebih terjamin.

Di Kedung Ombo, tepatnya di Dukuh Boyolayar, Desa Ngargosari, terdapat 15 keluarga yang mengusahakan ikan asap dari ikan nila. Ikan asap yang telah dipasarkan di dalam desa ini telah membantu meningkatkan pendapatan rumah tangga pengolahnya. Hanya saja, untuk menjamin kualitas produk tersebut perlu dukungan dan pendampingan bagi rumah tangga pengolah ikan asap ini.

Ratusan usaha rumah tangga berupa kerajinan makanan dari ikan nila di Kota Semarang dan beberapa kabupaten di sekitar lokasi Aquafarm, merupakan salah satu bentuk kemitraan usaha yang merupakan salah satu dari implementasi program CSR perusahaan. Jalinan kemitraan ini, jika didukung dengan penguatan kapasitas usaha, diversifikasi produk dan strategi pemasaran yang baik, tentu akan melahirkan para wirausahawan yang tangguh. Pada gilirannya dapat membuka lapangan kerja dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang lebih luas. *

About saruhumrambe

Berlatar belakang pendidikan Antropologi. Aktif diorganisasi sebagai sekretaris Asosisasi Antropologi Indonesia (AAI) Sumut. Bekerja secara mandiri sebagai konsultan komunikasi dan sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: