//
you're reading...
SOSOK

Pengabdian Hingga Akhir

Pak Usman , memasuki masa pensiun. Di Kantor Medan beliaulah  karyawan yang paling senior. Bergabung di PT  Aquafarm Nusantara  pada Januari 1999, awalnya sebagai penjaga malam melanjutkan pekerjaan sebelumnya di rumah yang di sewa oleh perusahaan, setelah petugas keamanan (security) direkrut secara khusus, Pak Usman beralih ke bidang lainnya yang bertanggung jawab di bidang kebersihan kantor.  Tidak hanya itu, Pak Usman juga bertugas untuk penyiapan minuman bagi tamu yang berkunjung ke kantor.  Jika bertamu ke Kantor Medan, Pak Usman biasanya sigap menyiapkan air mineral dan teh botol.

Lahir di Medan, dan  menikah dengan Ratnawati Lubis dikarunia empat orang anak . Anaknya tiga orang perempuan dan yang paling bungsu laki-laki. Dengan kerja kerasnya, pendidikan anak-anaknya sudah lebih baik darinya yang hanya tamat SD. Beliau mengucapkan kebahagiannya bahwa anak-anaknya sudah mandiri dan keseluruhannya sudah  menikah dan memberinya cucu sebanyak 7 orang.

Pak Usman yang saat ini tinggal di Perumnas Simalingkar, semasa mudanya memulai pekerjaan sebagai sopir truk angkutan barang dari Medan – Jakarta di sebuah perusahaan ekspedisi.  Ia bekerja sebagai sopir truk ekspedisi lebih dari 10 tahun. Saat ia menikah dan anak-anaknya lahir ketika ia masih sebagai sopir truk ekspedisi tersebut.  Ketika ada larangan, truk dilarang masuk ke kota telah mempengaruhi perusahaan tempatnya bekerja. Ia pun berhenti. Dengan pendidikannya yang hanya tamatan SD dan pengalamannya hanya sebagai sopir truk, tidak mudah baginya untuk mendapat pekerjaan yang lebih baik.  Akhirnya,  ia bekerja sebagai buruh bangunan.  Tak lama bekerja di sektor ini, kemudian mendapat tawaran untuk jaga malam di rumah yang setelah beberapa tahun kemudian di sewa oleh PT Aquafarm Nusantara untuk dijadikan kantor. Pak Usman  melanjutkan tugasnya sebagai penjaga malam di tempat yang sama, yang telah merubah menjadi kantor tersebut dan kemudian diangkat menjadi karyawan. Sebagai karyawan, ia memperoleh penghasilan yang layak dan fasilitas kesehatan.

Pak Usman berkisah ketika pertama kali sebagai karyawan penjaga malam di Kantor Medan.  Di Kantor tersebut hanya Pak freek dan  empat orang staf  yang berasal dari Jawa. Tak lama dua diantaranya kembali ke Jawa. Bekerja di waktu yang lama di PT Aquafarm Nusantara, dia merasa bersyukur mendapat pekerjaan yang tidak seberat dari pekerjaan sebelumnya sebagai sopir truk dan buruh bangunan.

Di mata karyawan lain, Pak Usman adalah tipe yang tidak banyak bicara dan sopan. Pekerjaannya dilakukan dengan teliti dan hati-hati. Setiap permintaan sesuai dengan tugasnya dilakukan tanpa menunda. Karyawan juga merasa senang atas kebersihan dan kerapian kantor .

About saruhumrambe

Berlatar belakang pendidikan Antropologi. Aktif diorganisasi sebagai sekretaris Asosisasi Antropologi Indonesia (AAI) Sumut. Bekerja secara mandiri sebagai konsultan komunikasi dan sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: