//
you're reading...
SOSOK

Kinerja Nova

PT. Aquafarm Nusantara memiliki standar pencapaian kinerja yang sudah tertata baik. Di setiap unit dan bagiannya telah ditetapkan standar operasional prosedur (SOP) dan pengukuran kinerja. Di unit pengolahan, di bagian filleting misalnya, untuk target kinerja harian karyawan diukur secara kuantitas dan kualitas. Secara kuantitas, target kinerja setiap karyawan adalah 600 ekor perhari dan secara kualitas 84 % diantaranya kualitas  mutu A. Bagi karyawan yang melakukan kerja secara sungguh-sungguh sebenarnya tidak sulit untuk mencapai target kinerja tersebut, tetapi yang langka adalah mampu memenuhi target kinerja tersebut setiap hari selama 2 tahun berturut-turut. Prestasi  langka itulah yang mampu dicapai oleh Nova Effendi (27).

Dalam pandangan perusahaan, Nova Effendi merupakan karyawan yang patut dicontoh. Di lihat dari sisi kehadiran, tidak sekalipun karyawan ini tidak hadir (absen) dan tidak pernah mendapat surat peringatan (SP). Juga pro aktif dalam mendukung pekerjaan dan memberikan pendapat yang membangun ketika rapat. Pihak perusahaan juga sering menjadikannya contoh ketika ada rapat dengan karyawan terkait dengan produktifitas. Hubungannya dengan sesama karyawan juga baik. Di mata teman-temannya, beliau merupakan sosok yang menyenangkan dan senang menolong.

Nova Effendi, merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Lahir 23 Nopember 1987 dari keluarga yang sederhana. Saat ini Ia masih tinggal bersama orang tuanya. Ayahnya bernama Sugiarto dan ibunya Boinah bertempat tinggal di Desa Pematang Tatal, Kecamatan Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai. Nova menamatkan sekolah dasar dan SMP di Perbaungan dan SLTA di Lubuk Pakam, Kab. Deli Serdang. Tepatnya di SMK N-1 Lubuk Pakan, dengan jurusan Teknik Industri.  Semasa duduk di bangku sekolah, beliau mengaku cukup berprestasi dalam kegiatan akademik. Setidaknya selalu berada di 10 besar kelas.

Setamat SMK, ia memulai peruntungannya bekerja di usaha meubel di Medan. Setahun kemudian, beliau pindah kerja di Tanjung Morawa, Deli Serdang di unit usaha yang sama. Di tempat ini juga, beliau tidak bertahan lama, ketika kemudian diterima di PT. Aquafarm Nusantara. Ibunyalah yang awalnya untuk menyarankannya mencari pekerjaan yang tidak terlalu jauh. Sehingga dia sangat bersyukur akhirnya bisa diterima bekerja di PT. Aquafarm, selain suasana kerjanya menyenangkan juga jaraknya cukup dekat dengan tempat tinggalnya. “Cukup 15 menit sudah sampai ke perusahaan” ucapnya.

Nova, bagaimana ia sering dipanggil, bekerja di PT. Aquafarm Nusantara sejak 18 Januari 2008. Saat itu, memang perusahaan lagi membutuhkan penambahan karyawan di bagian pengolahan (filleting) untuk meningkatkan produktifitas. Sesuai dengan kebijakan perusahaan yang mengutamakan tenaga kerja yang berasal dari masyarakat sekitar, membawa keberuntungan bagi Nova Effendi. Sebaliknya perusahaan juga mendapat keuntungan memperoleh tenaga kerja yang memiliki dedikasi kerja dan kejujuran.

Nova Effendi memang menunjukkan dedikasi  dan semangat kerja yang baik. Sesuai dengan pengakuannya telah bekerja selama 4 tahun di perusahaan yang bergerak dalam usaha budidaya perikanan air tawar yang terintegrasi ini, Ia hanya sekali tidak memenuhi target kinerja. Saat itu, kondisi kesehatannya kurang baik. Ia terserang flu. Suvervisornya di bagian filleting mengetahuinya dan memintanya  untuk berobat ke klinik milik perusahaan dan beristirahat di tempat tersebut. Hal itu menjadi pelajaran baginya untuk tetap menjaga kondisi fisik untuk terus dalam kondisi prima, diantaranya dengan istirahat yang cukup. Ini jugalah menjadi tipsnya untuk bisa mempertahan kinerja yang baik di perusahaan. “Kalau lagi sakit, ya gimana bisa tercapai” katanya. Hal lainnya adalah dari segi peralatan, terutama pisau yang harus selalu dalam keadaan tajam.  Sementara untuk keselamatan kerja, menurutnya perusahaan telah melengkapi dengan peralatan yang dibutuhkan. Dengan prestasinya tersebut yang ia peroleh dari perusahaan berupa bonus, dan apresiasi di depan karyawan lainnya.

About saruhumrambe

Berlatar belakang pendidikan Antropologi. Aktif diorganisasi sebagai sekretaris Asosisasi Antropologi Indonesia (AAI) Sumut. Bekerja secara mandiri sebagai konsultan komunikasi dan sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: