//
you're reading...
GetaRasa

Aku Becakap Maka Aku Ada

image

Hari selasa lalu, saya menonton film : King Speech. Memuaskan penasaran, apa sih keunggulan film ini sehingga pemeran utamanya diganjar dengan penghargaan tertinggi perfileman dunia yakni Piala Oscar. Tetapi, aku bukanlah pengamat, apalagi praktisi film. Jadi akupun tidak bisa bercerita tentang hebatnya film ini. Tetapi sebagai penikmat, film ini dapat ku nikmati dengan kesederhanaan ide dan alur ceritanya. Aku juga dapat memastikan kompleksitas dan beratnya perjuangan bagi seorang raja yang gagap berbicara tetapi harus menyampaikan pidato kenegaraan dalam situasi yang sangat genting dan penting.

Berbicara di depan publik bagi sebahagian orang merupakan kegiatan yang menyenangkan. Diantaranya sudah kecanduan yang jika tidak mendapat kesempatan atau tidak diberikan kesempatan merasa tersinggung dan marah. Ia merasa tidak dihormati dan terhina. Bagi sebahagian yang lain, berbicara di depan umum sebagai moment yang sangat menakutkan. Jika pilihannya berpidato atau berlari mengililingi lapangan bola sebanyak 7 kali, niscaya ia akan memilih berlari.

Kemampuan berbicara di depan umum menjadi syarat kepemimpinan utama dalam masyarakat tradisional. Presiden Soekarno banyak dielu-elukan dan yang paling dikenang adalah kemampuannya berpidato yang membakar semangat massa.

Di jaman modern, walaupun tidak menjadi syarat formal, kemampuan berbicara yang memukau pendengarnya tetap saja merupakan hal yang sangat penting bagi seorang pemimpin. Kemampuan Obama berpidato dipercaya berperan penting dalam keberhasilannya menjadi Presiden Amerika Serikat.

About saruhumrambe

Berlatar belakang pendidikan Antropologi. Aktif diorganisasi sebagai sekretaris Asosisasi Antropologi Indonesia (AAI) Sumut. Bekerja secara mandiri sebagai konsultan komunikasi dan sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: