//
you're reading...
Uncategorized

Info Buku : Modal Sosial

image

Buku ini menawarkan pengantar bagi perdebatan tentang modal sosial dan mengusulkan cara bagaimana melanjutkan diskusi ini di masa depan. Perdebatan ini dalam beberapa hal sulit diringkas, karena ia melintasi berbagai disiplin keilmuan. Kendati berkembang di bidang sosiologi, konsep ini banyak didiskusikan oleh ekonom dan ilmuwan politik, dan menarik perhatian di kalangan sejarawan, pendidik dan feminis maupun spesialis dalam kebijakan sosial dan kebijakan kota. Para pembuat kebijakanpun menunjukkan minat pada modal sosial, karena dipandang mampu memberikan pertimbangan seputar kebijakan-kebijakan yang akan diambil dalam pembangunan ekonomi, perbaikan kesehatan, perkembangan teknologi dan inovasi bisnis, pengurangan kemiskinan, inklusi sosial dan pengurangan kejahatan.

Secara khusus di sini diulas gagasan Pierre Bourdieu, James Coleman dan Robert Putnam menyangkut kuasa jaringan. Tidak ketinggalan pula tinjauan-tinjauan atas studi emperis tentang dampak modal sosial pada bidang-bidang pendidikan, kesehatan dan kejahatan. Karena sebagian besar tinjauan ini memperlihatkan pengaruh positif modal sosial, dan membahas bukti-bukti penelitoan terkait dengan dampak negatif ini. Sumbangan terpenting buku ini terletak pada paparannya tentang kecenderungan mutakhir untuk membangun kembali modal sosial sebagai salah satu aset terpenting dalam kehidupan masyarakat.

About saruhumrambe

Berlatar belakang pendidikan Antropologi. Aktif diorganisasi sebagai sekretaris Asosisasi Antropologi Indonesia (AAI) Sumut. Bekerja secara mandiri sebagai konsultan komunikasi dan sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: